Monday, December 15, 2008

Sepuluh Tanda Anak Bergizi Baik

Anak Anda lincah dan cekatan? Tetapi, belum tentu si kecil ini mengonsumsi gizi baik. Bisa saja asupan makanan yang ditelan adalah bahan makanan yang mempunyai gizi yang kurang pas untuk si jantung hati. Untuk mengetahui gizi buah hati kesayangan Anda ini baik atau tidak, simak 10 tanda anak bergizi


Anak merupakan investasi Sumber Daya Manusia yang memerlukan perhatian khusus untuk kecukupan status gizinya sejak lahir, bahkan sejak dalam kandungan. Karena itulah zat gizi dari makanan merupakan sumber utama untuk memenuhi kebutuhan anak untuk tumbuh kembang optimal sehingga dapat mencapai kesehatan yang paripurna yakni sehat fisik, mental dan sosial.

DR.dr. Saptawati Bardosono, Msc, Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI) mengatakan, ketika itu PDGMI sepakat menyusun, mensosialisasikan suatu pedoman anak sehat yang dikemas dalam paket pesan 10 tanda umum anak bergizi baik. Hal ini berdasarkan diskusi kelompok dan telaah pustaka sejak 13 Januari 2007 silam di Jakarta. Mereka berhasil merumuskan pedoman tersebut berdasarkan berbagai bukti ilmiah.

Berbagai zat gizi dikaitkan dengan status gizi dan kesehatan si buah hati secara menyeluruh mulai dari penampilan umum, berat badan dan tinggi badan hingga tanda-tanda fisik, motorik, fungsional, emosi dan kognisi anak.


Tanda Umum Anak Gizi Baik

1. Bertambah umur, bertambah berat, bertambah tinggi
2. Postur tubuh tegap dan otot padat
3. Rambut berkilau dan kuat
4. Kulit dan kuku bersih dan tidak pucat
5. Wajah ceria, mata bening dan bibir segar
6. Gigi bersih dan gusi merah muda
7. Nafsu makan baik dan buang air besar teratur
8. Bergerak aktif dan berbicara lancar sesuai dengan usia
9. Penuh perhatian dan bereaksi aktif
10. Tidur nyenyak

Kesepuluh tanda umum ini di dukung dengan kecukupan asupan makronutrien, kalsium, magnesium, fosfor, vitamin D, yodium, dan seng.

Bahan Makanan Yang Diperhatikan

Bahan makanan sumber energi, zat tenaga. Bahan makanan kaya karbohidrat (55-60% total kalori) yakni, makanan pokok, serealia, tepung, umbi dan lain-lain. Gula, madu dan lain sebagainya.

Bahan makanan kaya lemak (20-25% total kalori) yakni, margarin, mentega, keju, minyak dan masih banyak lagi.

Bahan makanan kaya protein (10-20% kalori) yakni, protein hewani yang terdiri dari telur, daging, unggas, ikan dan sejenisnya. Sedangkan, protein nabati terdiri dari tahu, tempe dan lain-lain.

"Diharapkan dengan berpedoman pada pola makan empat sehat lima sempurna maka kebutuhan zat gizi dan serat tercukupi sehingga anak bisa tidur pulas," tutur DR.dr.Saptawati Bardosono, Msc yang juga merupakan staf pengajar, kordinator penelitian, ketua program studi doktor ilmu gizi di Departemen Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada acara program caravan gizi Nestle Dancow. (IA)

dikutip dari : http://fajar.co.id/index.php?act=news&id=48154

No comments:

Post a Comment